Senin, 31 Desember 2012

SEJARAH DESA JAWIK

Djajoes (alm)
Konon diceritakan pada sekitar tahun 1857 M ada seorang pengembara yang bernama SONTIKO dari daerah Bonang dekat Rembang Jawa Tengah. Yang akhirnya singgah di Geneng tepian hutan, yaitu suatu daerah yang terletak di dataran tinggi (puthuk atau genengan : bahasa jawa red)

Ditempat yang baru itu tuan SONTIKO adalah orang yang paling disegani, konon menurut cerita  beliau termasuk orang sakti mandraguna yang terkenal dengan ilmu kanuragan (digdoyo bahasa jawa red) "ORA TEDHAS TAPAK PALUNE PANDHE SISANE GERINDO" ( Tidak mempan oleh senjata apapun) sehingga beliau dijadikan panutan dan tetua didaerah tersebut.



Pada suatu hari beliau pulang ke daerah asalnya di Bonang. Sekembalinya dari Bonang beliau membawa okleh-oleh yakni pohon CAWIK, yang kemudian ditanan dihalaman rumahnya. Pada saat pohon itu mulai tumbuh besar dan bersemi daunnya, datanglah anak-anak yang sedang bermain-main di tempat itu, yang kemudian memegang dan menggoyah-goyahkan pohon tersebut yang kemudian diketahui oleh beliau tuasn SONTIKO dan beliau menegur anak-anak tersebut dalam dialek jawa "LE ADJA DIUWIK-UWIK" ( nak jangan dipegang-pegang,Indonesia red).

Bagaikan sabdho pandito Ratu atau sabda seorang raja, setelah dikumpulkan beberapa tokoh dari daerah tersebut, maka mereka setuju dan sepakat tempat atau daerah tersebut diberi nama "DJAWIK: yang mengandung makna dari pohon CAWIK dan kata "ADJA DIUWIK-UWIK"

Maka pada sekitar tahun 1859 M berdirilah suatu daerah yang dikenal dengan Desa JAWIK, dan tuan SONTIKO terpilih sebagai Kepala Desa yang pertama,karena jasa-jasa beliau yang selalu dikenang oleh masyarakat, setelah meninggal dunia beliau dimakamkan di suatu tempat yang sampai saat ini nama tersebut diabadikan sebagai nama makam yang tertua di Desa Jawik yang terletak di sebelah timur sungai dengan sebutan makam "SONTIKO"

Diceritakan oleh sesepuh desa jawik Mbah Djajoes Mantan Sekdes)
editor Om Bass

5 komentar:

  1. trima kasih pak,,,,tak banyak masyarakat jawik yg tau sejarah jawik,,,maju terus jawik

    BalasHapus
  2. saya lama tinggal di jawik dan bakalan..baru ini tahu sejarah asal muasal desa jawik..sukses gan

    BalasHapus